Skripsi
PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT PLAMBOPRATAMA JOYOSANTOSO
ABSTRAK
NURJANNAH. PENGARUH BIAYA SALES PROMOTION TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PR. PLAMBO PRATAMA JOYOSANTOSO TEGAL. SKRIPSI. FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL 2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya sales promotion terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. PLAMBO PRATAMA JOYOSANTOSO di Tegal.
Hipotesis dari penelitian ini adalah Diduga ada pengaruh biaya sales promotion terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. PLAMBO PRATAMA JOYOSANTOSO di Tegal.
Adapun untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, serta metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis korelasi, koefisien korelasi, korelasi determinan, analisis regresi linier serta koefisien regresi.
Dari perhitungan analisis korelasi antara biaya sales promotion dan volume penjualan selama tahun 2010 pada PT. Plambo Pratama Joyosantoso di Tegal menunjukkan r = -0.251, yang berarti hubungan antara biaya sales promotion dan volume penjualan mendekati -1, ini berarti terdapat hubungan akan tetapi negatif.
Hubungan antara biaya sales promotion dan volume penjualan pada PT. Plambo Pratama Joyosantoso di Tegal sangat kecil dan tidak terlalu berpengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dengan uji t test yang menggunakan tingkat signifikan 5% ini diperoleh t tabel = -2,18 dan t hitung = -0,820 ini berarti hipotesa nol (H0) diterima yaitu biaya sales promotion tidak berpengaruh terhadap volume penjualan.
Dari perhitungan koefisien regresi signifikan maka dapat diperoleh t hitung =418,72 dibandingkan dengan t tabel = 2,18 ,dapat mengambil kesimpulan bahwa H0 ditolak. Ini berarti bahwa koefisien regresi tersebut tidak diperoleh karena faktor kebetulan.
Dari koefisien regresi perhitungan maka dapat diperoleh t hitung =-0,820 dibandingkan dengan t tabel= 2,18 ,maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Ini berarti bahwa koefisien regresi tidak signifikan dengan kata lain koefisien regresi tersebut diperoleh karena faktor kebetulan.
Hipotesis yang menyatakan “ Diduga ada pengaruh biaya sales promotion terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. PLAMBO PRATAMA JOYOSANTOSO di Tegal. “ diterima
MNJ0911132 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain