Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP PIUS TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 ( Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap )
ABSTRAK
YUSTINUS SUTRISNA, NPM : 1108501062, 2011. Skripsi “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Disiplin Belajar Peserta Didik
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas VII SMP Pius Tegal Pelajaran 2010/2011, ingin mengetahui tingkat disiplin belajar peserta didik kelas VII SMP Pius Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, ingin mengetahui ada tidaknya hubungan layanan bimbingan kelompok terhadap disiplin belajar peserta didik kelas VII SMP Pius Tegal Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Pius Tegal berjumlah 110 peserta didik. Jumlah populasi adalah 110 peserta didik, sehingga untuk sampel penelitian 25% dari 110 peserta didik diperoleh sebanyak 28 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan angket skala likert, yang telah diujicobakan pada peserta didik sejumlah 35 orang di SMP Negeri 3 Tegal dan seluruh item valid dan reliabel. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment dan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data tingkat bimbingan kelompok pada sampel penelitian digambarkan secara berturut-turut kriteria buruk 3,6%, sedang 14,3%, cukup 10,7%, baik 64,3%, sangat baik sebesar 7,1%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar Error! Not a valid link. yang terletak pada interval 67 – 71 dalam kategori baik. Tingkat disiplin belajar pada sampel penelitian digambarkan secara berturut kriteria rendah 3,6%, sedang 17,8%, cukup 28,6%, baik 35,7%, sangat baik sebesar 14,3%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 35,7% yang terletak pada interval 70 – 73 dalam kategori baik. Nilai korelasi dari hasil nilai r hitung sebesar 0,543 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan N = 28 pada taraf signifikan 5% ditemukan nilai 0,374, maka koefisien korelasi rxy = 0,543 dibandingkan dengan nilai tabel product moment. Jadi r hitung dalam penelitian = rxy 0,543 > rtabel 0,478 berdasarkan taraf signifikansi 1%.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi peserta didik saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dapat lebih disiplin lagi dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah, bagi guru supaya guru dapat menerapkan metode bimbingan kelompok dengan benar dan sesuai. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru.
ABSTRACT
BK0911401 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain