Skripsi
PERAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PENGENALAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK SMK MA’ARIF NU 3 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
WASOLIKHA. 1107500657. 2011. Skripsi. Peran Bimbingan Karir Terhadap Pengenalan Konsep Diri Peserta Didik Kelas X SMK Ma’arif Nu 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Dr. Dino Rozano, M. Pd., Drs Sukoco KW,M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan Karir dan Konsep Diri
Layanan bimbingan karir di Sekolah sangat berperan penting dalam menciptakan kemandirian peserta didik dalam memilih karir dan berkarir, serta dapat memberikan gambaran dan harapan yang akan di capai oleh peserta didik dimasa yang akan datang di dunia karirnya sedangkan konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya yang dibentuk melalui pengalaman dan diperoleh dari hasil interaksi dengan lingkungannya. Masalah yang muncul adalah Belum maksimalnya peran bimbingan karir dan Kurangnya pemahaman terhadap konsep diri , pemahaman lingkungan dan dunia kerja di SMK Ma’arif Nu 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Ma’arif Nu 3 Larangan Kabupaten Brebes yang berjumlah 160 peserta didik. Sampel 25% dari jumlah populasi maka di peroleh sebanyak 40 peserta didik. Variable penelitian adalah Bimbingan Karir ( Variabel Bebas) sebagai variable penyebab, dan Konsep Diri ( variable terikat ) sebagai variable akibat. Kedua variable tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas ini menggunakan rumus Alpha, tekhnik analisis menggunakan korelasi product moment.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic yang bersifat kuantitatif dan hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan statistik pada taraf signifikan 5% N= 40 diperoleh sebesar 0,312 dari perhitungan r hitung > r table yaitu 0,756 > 0,312 dengan demikian hipotesis kerja ( Ha) yang diajukan bahwa “ Terdapat pengaruh antara Peran Bimbingan Karir dengan Konsep Diri Peserta Didik kelas X di SMK Ma’arif Nu 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011” dinyatakan diterima.
Kesimpulan bahwa Peran Bimbingan Karir berpengaruh positif dan signifikan peran bimbingan kari terhadap pengenalan konsep diri peserta didik kelas X di SMK Ma’arif Nu 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Tingkat Peran Bimbingan Karir sebagai Motivator memiliki skor yang “Tinggi” ( 22.53%), dan peran bimbingan karir sebagai Pendidik memiliki skor yang “Sedang” (8,125%), tingkat Konsep diri adalah “Tinggi” (27,50%). Saran Kepada pihak sekolah Dapat ikut mendukung segala jenis kegiatan peserta didiknya selama semuanya bersifat positif dan dapat bermanfaat bagi sekolah dan peserta didiknya. Dan juga peserta didik dapat mempertahankan dan dapat dikembangkan, sesuai dengan bakat dan kemampuan.
BK0911402 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain