Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN HYPNOSIS DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU PESERTA DIDIK MTS ASWAJA BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
TRIYONO, TEGUH. 1107500648. 2011. Pengaruh Penggunaan Hypnosis Dalam Layanan Konseling Individu Peserta Didik MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Sitti Hartinah DS, MM. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penggunaan Hypnosis dan Layanan Konseling Individu
Penggunaan hypnosis dapat dipakai juga sebagai salah satu bentuk pemberian layanan konseling individu diprediksi mampu memberikan layanan yang dapat dikembangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh penggunaan hypnosis dalam layanan konseling individu peserta didik MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal
Populasi seluruh siswa MTs, yang berjumlah 382 peserta didik dan teknik random sampling , sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 40 peserta didik. Variable terdiri dari variable bebas penggunaan hypnosis dan veriabel terikat adalah layanan konseling individu. Metode yang digunakan adalah metode kuasioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan statistik dengan rumus analisis data korelasi product moment
Dari hasil analisis data ditemukan rhitung 0,328 nilai hitung tersebut dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 40 dengan taraf signifikan 95% (cx=5%) dimana diperoleh rtabel sebesar 0,312, maka rhitung 0,328 > 0,312, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternativeā ada pengaruh penggunaan hypnosis dalam layanan konseling individu peserta didik MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal.
Hasil analisis ditemukan data, kriteria cukup sebanyak 27 siswa (67,5%), kriterian tinggi sebanyak 13 siswa (27,50%).kebermanfaatan dalam layanan konseling individu dengan kriterian cukup banyak 32 siswa (80%). kriteria tinggi sebanyak 8 siswa (40%) jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan hypnosis dapat dipakai juga sebagai salah satu bentuk pemberian layanan konseling individu diprediksi mampu memberikan layanan yang dapat dikembangkan, ini berarti semakin baik penggunaan hypnosis maka semakin baik pula masalah individu dipecahkan.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah guru bimbingan konseling harus mampu mengembangkan layanan hypnosis ini dalam memberikan layanan untuk meningkatkan pengungkapan masalah yang dihadapi siswa terutama pada sekolah menengah pertama yang masih banyak masalah.
BK0911403 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain