Skripsi
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
Arifah, Zaetun. NPM. 1108501059, Hubungan interaksi sosial kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. FKIP. UPS Tegal. Pembimbing I Sumarsih, M.Pd. Pembimbing II Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : interaksi sosial kelompok teman sebaya, motivasi belajar
Melihat fenomena yang ada di lapangan belum dapat diketahui dengan pasti hubungan interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar. Hal ini dikarenakan belum ada penelitian yang mengulas mengenai hubungan interaksi sosial dalam kelompok sebaya dengan motivasi belajar. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Hubungan Interaksi Sosial Kelompok teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Pada penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui interaksi sosial kelompok teman sebaya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/ 2011. 2). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/ 2011. 3). Untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/ 2011.
Subjek penelitian ini sebanyak 58 siswa, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari angket, obeservasi, dan wawancara, analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang diperoleh ternyata lebih besar dari angka dalam tabel yaitu r hitung sebesar = 0,509 dengan taraf kepercayaan sebesar 1%. Jika dibandingkan dengan r tabel pada n = 58 diperoleh r table = 0,380 sehingga 0,509 >0,380 maka Hubungan tersebut merupakan hubungan yang positif, artinya siswa yang memiliki interaksi sosial yang tinggi akan memiliki motivasi belajar yang tinggi pula dan sebaliknya. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi tersebut karena probabilitas lebih kecil dari 0,01 atau r hitung > r tabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal. Dari hasil analisis dan kesimpulan diatas maka hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada Hubungan Interaksi Sosial Kolompok Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” telah terpenuhi.
Kepada semua guru dan pengelola pendidikan diharapkan dapat memanfaatkan interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya guna memotivasi siswa dalam belajar. Karena interaksi dengan kelompok teman sebaya mempunyai pengaruh yang besar dalam perkembangan pemikiran siswa. Dengan interaksi ini siswa dapat membandingkan pemikiran dan pengetahuannya dengan orang lain. Siswa semakin tertantang untuk memperkembangkan pemikiran dan pengetahuannya sendiri. Tantangan kelompok akan membantu siswa melakukan asimilasi dan akomodasi terhadap skema pengetahuan yang telah dimiliki.
BK0911404 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain