Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN ELABORASI MELALUI STRATEGI PENYAMPAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Materi Pokok Segiempat Kelas VII Semester II SMP N 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
NORMALIA, NOVICA. 2011, Keefektifan Penerapan Pembelajaran Elaborsi Melalui Strategi Penyampaian Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Pokok Bahasan Segiempat Siswa Kelas VII SMP N 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Elaborasi, hasil belajar, dan aktivitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran elaborasi dan pembelajran ekspositori. Dan manakah yang lebih efektif antara pembelajaran elaborasi dengan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Adiwerna tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan segiempat.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 Adiwerna semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 358 siswa. Dari populasi diambil sampel dengan teknik random kluster, dengan cara pengundian dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Terpilih kelas VII.G sebagai kelas eksperimen, kelas VII.E sebagai kelas kontrol, dan kelas VII.H sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Data dalam penelitian ini meliputi data hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE – WAY) dan T2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran elaborasi dengan pembelajaran ekspositori. Hasil belajar dan aktiviitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Adiwerna semester I tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan segiempat lebih efektif menggunakan pembelajaran elaborasi dibandingkan dengan permbelajaran ekspositori.
MIPA0911158 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain