Skripsi
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI DENGAN GURU YANG BERSERTIFIKASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SE-KABUPATEN PEMALANG
RINGKASAN
WIDIATI, ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI DENGAN GURU YANG BERSERTIFIKASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SE-KABUPATEN PEMALANG, DENGAN PEMBIMBING I : Dr. H. BASUKIYATNO, M.Pd., II: Dra. Hj. FARIDAH, M.Si. PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh secara simultan dari variabel kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial terhadap kinerja guru ekonomi belum bersertifikasi dan bersertifikasi, dari variabel-variabel kompetensi tersebut manakah yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja guru ekonomi belum bersertifikasi dan bersertifikasi dan perbedaan antara kinerja guru ekonomi yang belum bersertifikasi dengan bersertifikasi
Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu metode kuisioner, metode wawancara dan observasi, metode dokumentasi serta data yang diambil yaitu data primer. Analisis data dan pengujian menggunakan metode analisis deskriptif persentase, uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi dan determinasi, analisis elastisitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t, uji elastisitas serta uji t beda dua rata-rata.
Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis diperoleh sebagai berikut: (1) Didapat Fhitung > Ftabel atau 47,076 > 2,4992, dengan demikian secara simultan variabel kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru ekonomi belum bersertifikasi, (2) Nilai E3 = 0,5704 > E1 = 0,0990, E2 = 0,2260 dan E4 = 0,1692, dengan demikian kompetensi profesional berpengaruh signifikan yang paling dominan terhadap kinerja guru ekonomi belum bersertifikasi, (3) Didapat Fhitung > Ftabel atau 45,007 > 2,63108, variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru ekonomi bersertifikasi (4) Nilai E2 = 0,1375 > E1 = 0,0514, E3 = 0,1342 dan E4 = 0,0685, dengan demikian kompetensi kepribadian berpengaruh signifikan yang paling dominan terhadap kinerja guru bersertifikasi dan (5) Nilai -thitung < -ttabel (-0,2719 < -2,306), artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi dan kinerja antara guru ekonomi belum bersertifikasi dengan bersertifikasi.
Saran yang dalam penelitian ini adalah; (1) Sebaiknya guru ekonomi belum bersertifikasi dan bersertifikasi berupaya meningkatkan kompetensinya, (2) kinerja guru yang bersertifikasi perlu meningkatkan kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinannya, sehingga kualitas guru bersertifikasi lebih baik dibandingkan dengan guru belum bersertifikasi.
Kata kunci: Sertifikasi, Guru, Kinerja, Kompetensi
PE0911133 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain