Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KEBUTUHAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI CIKURA 01 KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MUHAMAD ARIFIN, NPM : 1108501043, 2011. Persepsi Peserta Didik Terhadap Kebutuhan Layanan Bimbingan Konseling Pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Cikura 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Dibimbing oleh Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Layanan Bimbingan Konseling
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik terhadap kebutuhan layanan bimbingan konseling di sekolah pada peserta didik Kelas V SD Negeri Cikura 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini adalah Ho : Tidak ada persepsi peserta didik yang positif terhadap kebutuhan layanan bimbingan konseling di kelas V SD Negeri Cikura 01 Kecamatan Bojong Kabupten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Ha : Ada persepsi peserta didik yang positif terhadap kebutuhan layanan bimbingan konseling di kelas V SD Negeri Cikura 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Cikura 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian persepsi peserta didik pada peserta didik kelas V SD Negeri Cikura 1 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut kriteria sangat buruk 5,0%, buruk 12,5%, sedang 17,5%, cukup 0%, baik 42,5%, sangat baik sebesar 22,5%. Sebagian besar responden terdapat dalam interval 50-53.5 sebanyak 42,5% dalam kategori baik. Layanan bimbingan konseling pada peserta didik kelas V SD Negeri Cikura 1 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut-turut kriteria sangat buruk 10%, buruk 17,5%, sedang 10%, cukup 12,5%, baik 37,5%, sangat baik sebesar 12,5% Sebagian besar responden terdapat dalam interval 52-56 sebanyak 15% dalam kategori baik. Hasil penelitian pengaruh persepsi peserta didik terhadap layanan bimbingan konseling Selanjutnya nilai korelasi dari r tabel dengan N = 40 pada taraf signifikan 5% ditemukan nilai 0,312 kemudian dikorelasikan dengan hasil nilai r hitung sebesar 0,410, maka koefisien korelasi rxy = 0,410 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tabel product moment. Jadi rhitung dalam penelitian = 0,410 > 0,312 berdasarkan taraf signifikansi 5%. Karena angka korelasi yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikan 5% maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi secara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (y) adalah signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan ”Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi peserta didik terhadap layanan bimbingan konseling peserta didik kelas V SD Negeri Cikura 1 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”, dinyatakan diterima baik untuk taraf signifikansi 5%.
Saran dalam penelitian ini kepada guru khususnya guru bimbingan dan konseling disekolah hendaknya dapat lebih meningkatkan kinerja guna mendapatkan persepsi siswa ke arah yang positif dan lebih baik. Serta diharapkan dapat meningkatkan perhatiannya dalam membimbing siswa terutama dalam memberikan layanan bimbingan dan dapat menghilangkan persepsi siswa bahwa guru pembimbing merupakan polisi sekolah dapat dihindari dan paradigma baru guru pembimbing harus dekat dengan masalah yang dihadapi siswa.
BK0911405 | Tersedia | ||
BK0911410 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain