Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING (ELECTRONIC LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
FITRIA, NUR KHANIN 2011. ”Penerapan Model Pembelajaran E-Learning (Electronic Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dra. Hj. Faridah, M.Si. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr. MM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran E-Learning, Prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang apakah dengan penerapan Model Pembelajaran E-Learning efektif dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Ajaran 2010/2011.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat penelitian di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 271 peserta didik karena dalam penelitian populasinya lebih dari 100 peserta didik maka peneliti mengambil sampel dua kelas sebanyak 68 peserta didik yakni kelas X8 sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan kelas X6 sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan prestasi belajar, dari 34 peserta didik kelas X8 yang menjadi kelompok Eksperimen rata-rata prestasi belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran E-Learning mencapai 80,88, jumlah nilai keseluruhan kelas peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran E-Learning 2750. Sedangkan dari 34 peserta didik kelas X6 yang menjadi kelompok kontrol rata-rata hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran konvensional 75,61, jumlah nilai peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran Konvensional 2571. Dan dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat diketahui angka perolehan angka nilai thitung = 2,026. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel = 1,668, ternyata hasilnya thitung > ttabel (2,026 > 1,668) Sehingga Ho ditolak dan berarti Ha diterima.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi peserta didik Kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal setelah melakukan penelitian dengan menggunakan Model pembelajaran E-Learning.
PE0911135 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain