Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK PERTAMA DALAM MEMANFAATKAN WAKTU LUANG SISWA KELAS VI SD NEGERI TANJUNG HARJA 02 KECAMATAN KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
JUMAROH, NPM : 1108501041, 2011. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pembentukan Kemandirian Anak Pertama Dalam Memanfaatkan Waktu Luang Siswa Kelas VI SD Negeri Tanjung Harja 02 Kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Kemandirian Anak Pertama
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada perbedaan tingkat kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa kelas VI SD Negeri Tanjung Harja 02 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini adalah Ha : ada perbedaan tingkat kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa kelas VI SD Negeri Tanjung Harja 02 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, Ho : Tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa kelas VI SD Negeri Tanjung Harja 02 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tanjung Harja 02 Kramat berjumlah 40 anak. Analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Berdasarkan hasil analisis data bahwa kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok pada kelas VI SD Negeri Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah dalam kriteria baik yaitu sejumlah 3 atau 17 %, kategori cukup 15 atau 83 % dan sejumlah 0 orang atau 0 % dalam kategori kurang. Jadi rata-rata perolehan Bimbingan kelompok pada SD Negeri Tanjungharja 02 adalah cukup yaitu dengan jumlah prosentase 85 %. kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok pada kelas VI SD Negeri Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah dalam kategori baik yaitu sejumlah 19 atau 94 %, kategori cukup 1 atau 6 % dan sejumlah 0 orang atau 0 % dalam kategori kurang. Jadi rata-rata perolehan Bimbingan kelompok pada SD Negeri Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal adalah baik yaitu dengan jumlah prosentase 94 %. Dari perhitungan t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,141. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 95% atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 18 – 1 = 17 dimana diperoleh ttable = 2,110 ternyata thitung = 4,141 > ttabel = 2,110 yang berarti hipotesis nihil yang menyatakan “Tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok di SD Negeri Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2010/2011” adalah ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Ada perbedaan tingkat kemandirian anak pertama dalam memanfaatkan waktu luang sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok di SD Negeri Tanjungharja 02 Kecamatan Kramat Tahun 2010/2011 ”.
Saran dalam penelitian ini hasil penelitian ini dapat dipakai untuk memberikan pelayanan kepada siswa yang memiliki karakter khusus pada siswa yang diasuhnya terutama anak pertama yang selalu mendapat sorotan tajam dinilai kurang mandiri.
BK0911407 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain