Skripsi
PENGARUH SALES PROMOTION DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MESIN PADA UD VENUS COPIERINDO TEGAL
ABSTRAK
MIFTAH FAUZI. SKRIPSI. PENGARUH SALES PROMOTION DAN PUBLISITAS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MESIN FOTOCOPY PADA UD. VENUS COPIERINDO TEGAL. 2011. FAKULTAS EKONOMI. UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan penuh persaingan menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan orientasi terhadap cara mereka melayani konsumenya. Di lain pihak konsumen juga semakin kritis terhadap apa yang mereka terima dan harapan dari sebuah produk. Jika ternyata tidak sesuai dengan harapan juga berpotensi akan kehilangan kepercayaan pelanggan tetapi juga berpotensi akan kehilangan pelanggan potensial.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan publisitas terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mesin fotocopy pada UD. Venus Copierindo Tegal
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan : analisis korelasi rank Spearman, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan wilcoxon tes. Dari hasil perhitungan korelasi rank spearman diperoleh 0,980 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara sales promotion terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mesin fotocopy, 0,968 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara publisitas terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mesin fotocopy, dan 0,979 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara sales Promotion dengan publisitas. Dari hasil perhitungan korelasi berganda sebesar 0,980 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara sales promotion dan publisitas terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mesin fotocopy. Adapun Uji Signifikansi koefisien korelasi berganda Fhitung sebesar 2376,44 ini berarti bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 2376,44> 3,09 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh sales promotion dan publisitas terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mesin fotocopy adalah signifikan. Sementara itu koefisien determinasi diperoleh nilai 96,4% yang dapat diartikan bahwa variasi (tinggi dan rendahnya) sales promotion dan publisitas sebesar 96,4% disekitar rata-ratanya dapat dijelaskan melalui hubungan antara kedua variabel, sedangkan 3,96% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan. Adapun pengaruh yang paling dominan pada keputusan konsumen adalah sales promotion dengan nilai 29,87.
Diharapkan perusahaan untuk lebih menekankan dan lebih fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan sales promotion untuk lebih meningkatkan volume penjualan.
MNJ0911145 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain