Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1/Terbuka Tarub Kab.Tegal pada Pokok Bahasan Segi Empat Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
WAHYUDI, SETIA. 2011. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1/Terbuka Tarub Kabupaten Tegal pada Pokok Bahasan Segi Empat Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Ponoharjo, M.Pd, Dra. Eleonora D.W., M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran CIRC, Soal Cerita, Hasil Belajar.
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang ditimbulkan oleh kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika terhadap hasil belajar matematika siswa.
Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu yang pertama untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar matematika siswa, kedua untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa dan ketiga untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah secara serempak terhadap hasil belajar matematika siswa.
Hasil penelitian ini dapat peneliti sajikan sebagai berikut: dari hasil perhitungan data diperoleh persaman regresi Ŷ = -76,673 + 0,754X1 + 1,633X2. Dimana pengaruh kemampuan komunikasinya sebesar 0,580 atau 33,68%. Untuk pengaruh kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,737 atau 54,36%. Sedangkan untuk pengaruh kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika sebesar 0,497 atau 24,73%.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa adanya pengaruh yang positif dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika pokok bahasan segi empat, guru disarankan menggunakan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
MIPA0911162 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain