Skripsi
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
ABSTRAK
PURWANINGSIH, TIYAS. 2011. Efektivitas Metode Pembelajaran Inquiri Terhadap Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok). Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora DW, M.Pd. A. Nina Rosana C, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Inquiri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
Latar belakang penulis mengambil judul Efektivitas Metode Pembelajaran Inquiri Terhadap Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok) adalah banyak siswa yang tidak dapat bekerjasama dengan baik dalam memecahkan suatu masalah dan tidak aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode inquiry lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori terhadap kebiasaan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 322 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 80 siswa yaitu diperoleh dari kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan VIIIB sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis ragam multivariat satu arah(One-Way Manova), sebelumnya data angket kebiasaan belajar dan tes prestasi diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode inquiri lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori terhadap kebiasaan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0911163 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain