Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUMIJAWA KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
NURUL FAIQOH. NPM. 1307500390. Program Studi PE FKIP Universitas Pancasakti Tegal, Dengan Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Dra. Hj. Faridah, M.Si, Pembimbing II : Dra. Daliyati, SE
Kata Kunci : Pengaruh, Numbered Heads Together, Prestasi Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Numbered Heads Together mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar IPS terpadu pada peserta didik dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah (tatap muka) ditinjau dari kesiapan belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal pada peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2010/2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2010-2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 210 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 68 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proporsional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah Numbered Heads Together (variabel bebas) dan prestasi belajar (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis persamaan regresi linear menghasilkan Y = 8,577 + 0,577x, Interpretasi persamaan regresi tersebut dapat dikemukakan bahwa : Nilai koefisien regresi adalah 0,577 menyatakan bila pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT naik 1% maka prestasi belajar naik 9% dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran bagi Peserta didik diharapkan mampu menyeimbangkan antara apa yang terbaik buat peserta didik dalam belajar di sekolah sehingga memudahkan dalam membentuk prestasi belajar yang tinggi, disiplin dalam belajar baik di sekolah maupun di masyarakat sehingga peserta didik dapat dan mematuhi peraturan belajar yang berlaku sehingga prestasi belajar dapat terbentuk dengan baik.
PE0911137 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain