Skripsi
PENGARUH AKTIFITAS PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Salafiyah Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010
ABSTRAK
PUJIARTI, YENI. 2011. Pengaruh Aktifitas pada Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Division) terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Segiempat (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Salafiyah Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M. Si. Drs. Yuli Witanto. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar
Pembelajaran Konvensional pada matematika dinilai kurang membuat siswa aktif dalam belajar, sehingga diperlukan adanya model pembelajaran. STAD adalah salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menentukan persentase aktifitas siswa pada model pembelajaran dengan tipe STAD, dan (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh aktifitas pada pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Kab. PemalangTahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 134 siswa, terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII.A dengan 34 responden sebagai kelas ekperimen dan kelas VII.B sebanyak 34 responden sebagai kelas kontrol. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai pada kelas VII. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu arah. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung = 22,398 dengan derajat kebebasan (V) = 66 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 3,14. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (22,398 > 3,14). Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh aktifitas pada pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) terhadap prestasi belajar matematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase aktifitas siswa sebesar 80%, (2) ada pengaruh aktifitas pada pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) terhadap prestasi belajar matematika.
MIPA0911164 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain