Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KELILING DAN LUAS BANGUN SEGI EMPAT (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
NURTOHIDAH. 2011. “Efektivitas Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Keliling dan Luas Bangun Segi Empat (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Drs. Noening, A.M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Efektivitas, ROPES , Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan 1) memperoleh gambaran mengenai prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ”ROPES” dan konvensional dan 2) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran “ROPES” dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional , khususnya pada materi pokok keliling dan luas bangun segi empat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Wanasari yang terdiri 7 kelas dan jumlahnya 309 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Sampel sebanyak 78 siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai UTS pada kelas VII. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang diberikan pada sampel penelitian. Instrumen terdiri dari 8 soal tes uraian yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data diawali dengan uji Liliefors dan uji Bartlett. Hasilnya disimpulkan bahwa data terbukti normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ROPES lebih tinggi daripada siswa. 2) Adanya perbedaan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ROPES dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode Pembelajaran Konvensional masalah
ABTRACT
MIPA0911166 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain