Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN DI LUAR KELAS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Pada Pokok Bahasan Segiempat di SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal Kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011
ABSTRAK
SUGYARTO, BEJO.2011. NPM: 1707501018. “Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Bermain Di luar Kelas Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Dr.Purwo Susongko,M.Pd, A Nina Rosana C,M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Berbasis Proyek, Minat dan Prestasi Belajar Siswa,.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pembelajaran Berbasis Proyek jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri atas 9 kelas sebanyak 359 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE-WAY). Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan pembelajaran Berbasis Proyek lebih efektif terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa dari pembelajaran konvensional pokok bahasan segiempat pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
MIPA0911167 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain