Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI KRANDON I KOTA TEGAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
ABSTRAK
DIAN NOVITA SARI. 2011. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. FKIP. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, MPd. Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : pembelajaran, kooperatif, STAD, membaca.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca dan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal melalui pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sesuai dengan rumusan, maka tujuan yang diharapkan adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca dan ada tidaknya peningkatan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal melalui pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian dilakukan dengan mengambil populasi semua siswa kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah keseluruhan responden penelitian 30 siswa, yang terdiri atas 18 siswa putri dan 12 siswa putra. Metode pengumpulan data digunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu hasil belajar dianalisis dengan deskriptif komparatif yang membandingkan nilai tes antar siklus dengan indikator kinerja. Penelitian ini dinyatakan berhasil jika sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa telah melampaui standar ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 62.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal yang ditunjukkan selisih antara persentase ketercapaian KKM sebelum pembelajaran model STAD dan setelah penggunaan metode tersebut sebesar 41,93%, dan (2) pembelajaran kooperatif model STAD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas V SD Negeri Krandon 1 Kota Tegal yang ditunjukkan selisih persentase aktifitas siswa selama pembelajaran model STAD sebesar 13,34 %.
PBSI0911185 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain