Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF MENYENANGKAN INOVATIF KREATIF DAN TUNTAS(PEMIKAT) PADA SISWA KELAS VII F SEMESTER II MTs NAHDLATUL ULAMA 01 TARUB TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
ABSTRAK
MUSTOFA ALI. 2011. NPM. 1207500640. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Efektif Menyenangkan Inovatif Kreatif Dan Tuntas (PEMIKAT) Pada Siswa Kelas VII F Semester II MTs Nahdlatul Ulama 01 Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Hj. Mursyidah DH, SH. MH. Pembimbing II : Drs. Yanuarto SE. MM. SH. MH.
Kata Kunci : Upaya Peningkatan Prestasi Belajar, Model Pembelajaran PEMIKAT.
Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa, pelaksanaan model PEMIKAT dan adakah perbedaan prestasi belajar PKn sebelum dan sesudah menggunakan model PEMIKAT pada siswa kelas VII F MTs NU 01 Tarub, Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar PKn antara sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan model PEMIKAT pada siswa kelas VII F Semester II MTs NU 01 Tarub, Tegal Tahun pelajaran 2010/ 2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F Semester II MTs NU 01 Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011 sejumlah 30 siswa. Terdiri dari 16 perempuan dan 14 laki-laki. Prosedur pengambilan sampel penelitian adalah dengan bentuk siklus yang terdiri dari empat tahap, perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dilakukan untuk membandingkan prestasi belajar antar siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk menentukan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan refleksi pada siswa kelas VII F semester II MTs Nahdlatul Ulama 01 Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 73,66 kategori baik. dengan ketuntasan belajar 80%. Dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 77 dengan presentase ketuntasan belajar 93,33%. Dengan demikian Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Efektif Menyenangkan Inovatif Kreatif Dan Tuntas (PEMIKAT) Pada Siswa Kelas VII F Semester II MTs Nahdlatul Ulama 01 Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011 ada peningkatan artinya berhasil dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85% dan ada peningkatan 50% dari sebelum menggunakan model PEMIKAT.
Simpulannya ada peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VII F semester II MTs Nahdlatul Ulama 01 Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
PPKN0911110 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain