Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MUAWANAH KENDALDOYONG PETARUKAN KAB. PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
WIJAYANTO HADI 2011. NPM. 1107500608. ”Pengaruh Layanan Informasi terhadap Perkembangan Pribadi Peserta Didik Kelas VII MTs Al Muawanah Kendaldoyong Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. 2011. Program Strata 1. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Layanan informasi, dan perkembangan pribadi.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah ”Apakah ada pengaruh layanan informasi terhadap perkembangan pribadi Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Muawanah Kendaldoyong Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi terhadap perkembangan pribadi Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Muawanah Kendaldoyong Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah populasi 211, terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F. Sedangkan sampel berjumlah 40 siswa diambil 20% dari populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Angket langsung yang mengungkap tentang layanan informasi dan perkembangan pribadi siswa.
Layanan informasi di VIII MTs Al Muawanah Kendaldoyong Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan pribadi siswa. Hal ini terbukti secara kuantitatif bahwa penggunaan rumus korelasi product moment menghasilkan rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,495. Nilai ini ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,312 sehingga dengan demikian rhitung < rtabel (0,495 > 0,312). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan ”Ada pengaruh yang positif dan signifikan layanan informasi terhadap perkembangan pribadi Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Muawanah Kendaldoyong Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011, terbukti secara empiris kebenarannya.
Kepada guru, sangat diharapkan senantiasa mengikuti perkembangan baik dalam perkembangan teknologi informasi, perubahan-perubahan sosial dan sebagainya sehingga mampu mengidentifikasi kesulitan ataupun hambatan-hambatan yang timbul dalam proses penyesuaian diri siswa-siswinya.Bagi orang tua, peran serta orang tua mengupayakan perkembangan pribadi putra-putrinya ke arah yang positif. Bagi siswa, sangat diharapkan untuk belajar yang tekun, disiplin agar perkembangan pribadinya positif.
BK0911408 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain