Skripsi
PERAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TAMAN KANAK KANAK MADINAH PROCOT SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2010/2011 (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas A – B)
ABSTRAK
Barkah. NPM.1108501074. 2011. Judul Skripsi:” Peran Konseling Individu Terhadap Kemandirian Peserta Didik Taman Kanak-kanak Madinah Procot Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011” . Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UPS Tegal. Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd dan Pembimbing II : Suriswo, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Konseling Individu dan Kemandirian
Penelitian ini di lakukan di Taman Kanak-kanak Madinah Procot Slawi Tahun Ajaran 2010/2011. Adapun permasalahannya adalah bagaimankah pelaksanaan konseling individu, kemandirian peserta didik dan besarnya pengaruh Konseling Individu terhadap kemandirian peserta didik Taman Kanak-kanak Madinah Procot Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011.
Tujuan penelitian adalah 1) ingin mengetahui pelaksanaan konseling individu, 2) kemandirian peserta didik dan 3) besarnya pengaruh konseling individu terhadap[ kemandirian peserta didik Taman Kanak-kanak Madinah Procot Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011.
Dari 95 peserta didik yang di jadikan kasus adalah 3 peserta didik . Teknik pengumpulan data pokok yang di gunakan adalah metode kasus, sedangkan sebagai metode bantu pengumpulan data pokok adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada ada perubahan pada peserta didik setelah adanya pendekatan layanan konseling individu yang di berikan. Sebelum adanya pendekatan dengan layanan konseling individu sering terjadi nangis, ngambek, memberontak dan memukul. Namun setelah di berikan layanan konseling individu gannguan-gangguan tersebut berangsur berkurang. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan aplikasi cognitive behavior dapat memberikan perubahan yang positif sehingga kemandirian peserta didik dapat peroleh.
Skripsi ini di sarankan bagi konselor untuk lebih memberikan layanan konseling individu khususnya kepada 3 peserta didik tersebut, agar 3 peserta didik tersebut memiliki kemandirian yang tinggi.
BK0911409 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain