Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI ( Penelitian pada siswa kelas VIII Semester genap pada pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009 / 2010)
ABSTRAK
Tarjoyo. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Studi Penelitian Pada SMP Negeri 1 Kramat Kelas VIII Semester II Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Pembimbing I : A. Nina Rosana C, M.Si. Pembimbing II : Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Think Pair Share,motivasi,prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika dan motivasi prestasi antara siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Kramat tahun pelajaran 2009/2010 yang diberi model pembelajaran Think Pair Share dan siswa yang diberi metode konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 263 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 80 siswa sebagai sampel dengan teknik sampel kelompok. Sampel terbagi dalam dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok I adalah kelompok eksperimen yang diberi pengajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan kelompok II adalah kelompok kontrol yang diberi pengajaran matematika dengan metode konvensional. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data nama siswa dan nilai Ulangan Tengah Semester siswa pada semester II kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan angket motivasi prestasi yang diberikan pada sampel penelitian.
Sebelum penelitian, kemampuan awal kelas sampel dan kelas ujicoba instrumen diuji kesetaraannya menggunakan nilai ulangan tengah semester. Hasil uji kesetaraan dengan analisis varian menyatakan kemampuan awal kelas sampel dan kelas ujicoba setara. Hasil uji Lilifors dan uji Bartlett pada data hasil belajar dan motivasi prestasi menyatakan bahwa data normal dan homogen. Sedangkan hasil anava factorial 2x2 menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi , ada perbedaan pembelajaran matematika yang menggunakan tipe TPS dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi pada pokok bahasan kubus dan balok Dan dengan menggunakan Uji Benferoni terdapat perbedaan dan tidak ada perbedaan pembelajaran matematika yang menggunakan tipe TPS dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi.
MIPA0911168 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain