Skripsi
THE EFFECT OF USING ALFA TOSS TO LEARN VOCABULARY FOR THE FOURTH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL (An Experimental Study on The Second Year Students of SDN Mejasem Timur 01 Tegal in Academic Year of 2010/2011)
ABSTRAK
ESTININGSIH SRI H.2011. Pengaruh Penggunaan Alfa Toss untuk Pengajaran Vocabulary bagi Siswa Kelas Empat SDN Mejasem Timur 01 Tegal (Penelitian Eksperimental terhadap Siswa Kelas Empat SDN Mejasem Timur 01 Tegal). Skripsi Strata 1. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Tahun Ajaran 2010/2011
Kata Kunci : Vocabulary, Game, Alfa Toss.
Penelitian ini dilakukan unttuk menjelaskan penerapan dari Alfa Toss dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris bagi siswa kelas empat di SD Mejasem Timur 01 tahun ajaran 2010/2011, dan untuk mengetahui benar atau tidak Alfa Toss memberikan dampak positif dalam pengajaran kosakata bagi siswa kelas empat di SD Mejasem Timur 01 tahun ajaran 2010/2011.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Alfa Toss memberikan dampak yang positif dalam pengajaran kosakata siswa kelas empat di SD Mejasem Timur 01 tahun ajaran 2010/2011.
Jumlah populasi yang ada pada penelitian ini adalah siswa kelas empat di SD Mejasem Timur 01 tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas. Total kesulurahan populasi yang ada adalah 52 siswa. Penulis menggunakan 26 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Disajikan dengan menggunakan one group design. Untuk mengetahui peningkatan kemapuan kosakata, penulis melakukan dua test, yaitu Pre test dan Post test. Pre test digunakan unutk mengetahui kemampuan kosakata siswa sebelum mereka memperoleh pengajaran menggunakan Alfa Toss. Sedangkan Post test digunakan untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan kemampuan kosakata setelah mereka memperoleh pengajaran dengan menggunakan Alfa Toss.
Instrument yang digunakan adalah vocabulary test yang berbetuk multiple choice. Setelah itu, data yang diperoleh diuji menggunakan rumus uji t. Dari data tersebut diperoleh hasil 1,708 yang merupakan hasil konsultasi pada t table dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 25. Sedangkan hasil t hitung adalah 5, 8. Sehingga hasil yang didapat yaitu t hitung yang lebih besar dari t table yaitu (5, 8 > 1,708). Menurut perhitungan tersebut, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima. Ini berarti, terdapat efek positif dalam pengajaran kosakata siswa kelas empat di SD Mejasem Timur 01 tahun ajaran 2010/2011.
PBI0911414 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain