Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA COMIC STRIP PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI POKOK KETENAGAKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Rosyada, Amalia. 2010. Efektivitas Penggunaan Media Comic Strip Pada Pembelajaran Ekonomi Materi Pokok Ketenagakerjaan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganap SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Dr. H Basukiyatno, M.Pd. Dra. Daliyati, SE. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci :Media Comic Strip, Hasil Belajar
KTSP Menuntut guru untuk lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator guru harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang dapat mengaktifkan peserta didik. Upaya untuk memudahkan belajar dan dapat mengaktifkan siswa dalam menerima pelajaran diperlukan adanya media. Media comic Strip dianggap lebih efektif utuk digunakan karena dapat memberikan suasana yang menarik, sehingga peserta didik merasa lebih bersemangat dalam melakukan aktifitas belajar mengajar.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan media comic strip pada pembelajaran materi pokok ketenagakerjaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap di SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Pembelajaran dengan media comic strip lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Talang pada pembelajaran ekonomi materi pokok ketenagakerjaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Talang Kabupaten Tegal. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 78 peserta didik. Ada dua variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu penerapan media comic strip dan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian diperolah, bahwa pada uji tahap awal nilai kelas eskperimen dan kelas kontrol pada perhitungan uji t diperoleh t hitung sebesar -0,546 yang berada pada daerah penerimaan Ho, Hal ini tidak ada perbedaan yang signifikan atas kemampuan awal kedua kelas. Setelah dilakukan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media comik strip diperoleh t hitung 3,121 dan t tabel 1,67. Oleh karena t berada di luar daerah Ho, maka Ho ditolak.
Berdasarkan hasil di penilitian dapat di simpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media comic strip di bandingkan peserta didik yang menggunakan konvesional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media comic strip sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik
PE0911140 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain