Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP ARAH PILIH KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK MA’ARIF NU 01 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SAMSIYATUN, 2011. NPM. 1107500755, “Pengaruh Layanan Bimbingan Karir terhadap Arah Pilih Karir Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Drs. Sukoco KW., M.Pd. dan Dra. Sri Sumarsih. M.Pd.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Karir, Arah Pilih Karir.
.
Layanan bimbingan karir merupakan layanan yang diberikan guru pembimbing kepada peserta didik agar peserta didik dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai karirnya di masa mendatang.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan karir terhadap arah pilih karir peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU 01 Suradadi kabupaten Tegal memahami arah pilih karirnya dan untuk mengetahui besarnya pengaruh layanan bimbingan karir terhadap arah pilih karir.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI akuntansi yang jumlahnya 20 peserta didik, karena jumlah populasi hanya 20 peserta didik maka sampel penelitian diambil dari seluruh jumlah yang menjadi populasi yakni 20 responden. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yakni layanan bimbingan karir dan variabel terikatnya yakni arah pilih karir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode wawancara. Sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Metode analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment (PPM).
Dari hasil analisis pelaksanaaan layanan bimbingan karir pada peserta didik diperoleh kriterium tinggi dengan prosentase mencapai 45% berjumlah 9 peserta didik. Sedangkan pelaksanaan layanan arah pilih karir pada peserta didik diperoleh kriterium tinggi dengan prosentase mencapai 35% berjumlah 7 peserta didik. Dari hasil analisis korelasi diperoleh nilai rxy = 0,452 dengan jumlah responden (N) = 20, taraf signifikan 5 % = 0,444 ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,452 > 0,444, sehingga dengan demikian menerima hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Ada pengaruh yang positif dalam pengaruh layanan bimbingan karir terhadap arah pilih karir peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Saran yang direkomendasikan adalah guru pembimbing di SMK lebih meningkatkan layanan khususnya layanan bimbingan karir dan peserta didik memanfaatkan layanan yang diberikan oleh guru pembimbing dengan sebaik-baiknya.
BK0911411 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain