Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI TOKOH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMK PUSPONEGORO BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
NURDIANA, MARIA. 2011. Skripsi. “Keefektifan Media Audio Visual Melalui Teknik Pengandaian diri Sebagai Tokoh dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMK Pusponegoro Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011”. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan media audio visual, Pembelajaran Cerpen
Media ini dapat membantu siswa dalam belajar menulis cerpen karena media audio visual yang digunakan dalam penelitian ini berupa video compact disc merupakan perpaduan antara media suara (audio) dan media gambar (visual) yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya dan dapat digunakan untuk merangsang daya imajinasi siswa sehingga siswa dapat dengan mudah menuangkan gagasan-gagasan dan ide-idenya ke dalam sebuah rangkaian kata-kata indah hingga menjadi sebuah cerita yang dapat dinikmati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan perolehan kemampuan menulis cerpen siswa sebelum dan sesudah diadakan pembelajaran menulis cerpen melalui teknik pengandaian diri sebagai tokoh.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu suatu cara mengetahui perubahan sebelum dan sesudah adanya media audio visual dalam pembelajaran menulis cerpen melalui teknik pengandiaan diri sebagai tokoh, dengan populasi 160 siswa dan sampel 25% x 160 = 40 siswa kelas X SMK Pusponegoro Brebes
Dari penelitian tersebut dihasilkan Keefektifan media audio visual dilihat dari perubahan persentase kemampuan menulis cerpen melalui teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerpen diketahui sampel eksperimen dan sampel kontrol. Sampel eksperimen memperoleh persentase sebesar 30,43% lebih besar dibandingkan pada sampel kontrol sebesar 24,19%. Dari perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 10,338. Dengan demikian thitung = 10,338 > ttabel = 2,021. Kemudian pada sampel kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 4,992 thitung = 4,92 > ttabel = 2,021. Artinya hipotesis penelitian diterima “Terdapat perubahan tingkat kemampuan menulis cerpen siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menulis cerpen melalui teknik pengandaian diri sebagai tokoh menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan guru dapat mengembangkan teori pembelajaran dan mempertinggi interaksi belajar mengajar terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui media audio visual dengan teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita.
PBSI0911187 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain