Skripsi
EFEKTIVITAS STRATEGI THINK – TALK – WRITE DITINJAU DARI SEGI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011 )
ABSTRAK
NOVITASARI, PIPIT, 2011. Efektivitas Strategi Think – Talk – Write ditinjau dari Tingkat Minat terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Dra. Eleonora D.W, M. Pd. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Efektivitas, Strategi Think – Talk – Write , Minat, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan strategi Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari minat belajar tinggi. 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari minat belajar rendah
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari dengan jumlah siswa 297 yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sebagai sampel ada 4 kelas dengan jumlah 38 siswa untuk masing-masing kelas. Yakni dengan memilih dua kelas eksperimen yaitu kelas VII B dan VII D (dengan Strategi Think – Talk – Write) dan dua kelas kontrol yaitu kelas VII E dan VII F (dengan metode konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat dan tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 36 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini. Analisis data menggunakan uji anava 2 arah dengan interaksi desain factorial 2x2 serta uji penentu menggunakan Uji Benferoni. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat minat belajarnya yaitu dalam kelompok minat tinggi dan minat rendah. Pada taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas Eksperimen dengan kelas kontrol.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan strategi Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional. 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari minat belajar tinggi. 3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think – Talk – Write dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari minat belajar rendah
MIPA0911169 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain