Skripsi
BIAS GENDER PADA TES PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XII Semester 2 Pokok Bahasan Transformasi Geometri di SMA N 1 Tegal, SMA N 4 Tegal, dan SMA N 5 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
Munandar, 2011. “Bias Gender pada Tes Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XII Semester 2 Pokok Bahasan Transformasi Geometri di SMA Negeri 1 Kota Tegal dan SMA Negeri 4 Kota Tegal, dan SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011) ”. Skripsi . Pendidikan Matematika . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Hj. Isnani, M.Si., Dr. Purwo Susongko, M.pd.
Kata Kunci : Tes Prestasi, Gender, Estimasi Parameter, dan DIF.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan estimasi parameter item pada tes prestasi belajar matematika dibidang geometri antara kelompok peserta tes laki-laki dan peserta tes perempuan, dan 2) mengetahui item-item yang mengandung Differential Item Functioning (DIF) pada item yang diberikan pada kelompok peserta tes laki-laki dan kelompok peserta tes perempuan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII semester 2 SMA Negeri 1 Tegal, SMA Negeri 4 Tegal, dan SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 359 siswa yang terdiri dari 126 siswa laki-laki dan 233 siswa perempuan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling, yaitu sebanyak 126 siswa, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan, sehingga jumlah sampel seluruhnya sebanyak 252 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes prestasi belajar berupa tes pilihan ganda pada materi transformasi geometri. Pengestimasian parameter menggunakan program Ascal 3,20. Sedangkan pendeteksian DIF menggunakan kurva karakteristik item yang digambarkan dengan program Maple 12.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan estimasi parameter item yang signifikan antara kelompok peserta tes laki-laki dan kelompok peserta tes perempuan yaitu : 1) pada parameter tingkat kesukaran item, dari 10 item yang dikerjakan oleh kedua kelompok yang berbeda itu, semuanya cenderung lebih mudah dikerjakan oleh kelompok laki-laki, dan 2) parameter daya beda, sebanyak tujuh item cenderung lebih mudah membedakan testee berdasarkan kemampuan pada kelompok laki-laki, sedangkan 3 item yang lain cenderung lebih mampu membedakan testee berdasarkan kemampuan pada kelompok perempuan.Untuk hasil pendeteksian DIF pada item-item yang diujikan, diketahui ada sebanyak 7 item yang mengandung non uniform DIF terdiri dari 6 item yang menguntungkan testee laki-laki dan satu item yang menguntungkan testee perempuan, dan ada sebanyak 3 item yang mengandung uniform DIF.
MIPA0911170 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain