Penelitian
Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Diskusi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berdiskusi dan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan metode diskusi pada pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar, oleh sebab itu metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bentuk pelaksanaan kolaboratif antara pengamat dan peneliti sebagai pelaku tindakan.
Berdasarkan pengamatan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) mampu meningkatkan keterampilan belajar bahasa inggris di FKIP Universitas Pancasakti Tegal, yang mempunyai komponen Keterampilan bertanya, Keterampilan berkomunikasi, Keterampilan mengemukakan
pendapat/mengambil keputusan, Menghargai pendapat orang lain. Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) ternyata juga mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, yaitu dari 71,93 menjadi 79,15 dan
mampu meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa, yaitu dari 85% menjadi 100%. Keterampilan dosen dalam mengembangkan strategi mengajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok sesuai dengan norma atau aturan dan tujuan diskusi, mampu meningkatkan keterampilan belajar mahasiswa maupun dosen. Buku Ajar Tipe C sudah dapat diterapkan pada mahasiswa, namun masih perlu diberi bimbingan dalam memperoleh data yang digunakan untuk memahami konsep yang diharapkan.
UPSJ28022012 | 407 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain