Skripsi
Aspek Sosial dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di SMP”
ABSTRAK
Aspek sosial yang dikaji dalam skripsi ini hanya dibatasai pada interaksi sosial, stratifikasi sosial, tindakan sosial, perilaku menyimpang, dan problem-problem sosial. Hal tersebut karena dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah banyak membahas mengenai kegigihan dalam mencapai sebuah mimpi dan cita-cita banyak menemui kesulitan, tetapi tetap dilalui demi tercapainya mimpi cita-cita tersebut. Penelitian ini mengkaji aspek sosial dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Aspek-aspek sosial apa saja yang menonjol dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo? (2) Bagaimanakan implikasi aspek sosial dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo bagi pembelajaran sastra di SMP?
Secara teoretis penelitian ini bermanfaat dapat menambah dan memperkaya khasanah penelitian Satra Indonesia khususnya dalam hal studi analisis novel tentang struktur sastra dan aspek sosial. Manfaat secara praktis dapat memberikan masukan kepada guru bahasa Indonesia dalam mengajar teori sastra dan membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami sebuah novel.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif, sumber datanya adalah novel Orang Miskin Dilarang Sekolah karya Wiwid Praseto, data penelitian berupa keseluruhan teks dalam novel tersebut.
Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa (1) novel Orang Miskin Dilaranng Sekolah karya Wiwid Prasetyo merupakan novel yang mengungkapkan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat seperti interaksi sosial, stratifikasi sosial, tindakan sosial, perilaku menyimpang, masalah kemiskinan, kriminaliatas, dan lingkungan hidup. (2) Struktur yang terdapat dalam novel ini meliputi alur, tokoh, latar, serta tema.
PBSI0312001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain