Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PERILAKU ETIS PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN PRIBADI DI SMK ISLAM AN-NUR LOSARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
NURLAELA, HERLINA. 1108501136. 2012. Skripsi. Upaya Peningkatan Perilaku Etis Peserta Didik Melalui Bimbingan Pribadi di SMK Islam An-Nur Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Perilaku Etis, Bimbingan Pribadi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perilaku etis sebelum pelaksanaan bimbingan pribadi. 2) Perilaku etis peserta didik sesudah pelaksanaan bimbingan pribadi. 3) Apakah ada peningkatan perilaku etis pada peserta didik di SMK Islam An-Nur Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dan sesudah diberikan bimbingan pribadi
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode treatment. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMK Islam An-Nur Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 300 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini digunakan 13% dari 300 peserta didik diperoleh sebanyak 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data dengan rumus t-test.
Perilaku etis peserta didik sebelum dilaksanakan bimbingan pribadi diperoleh data perilaku etis peserta didik sebelum bimbingan pribadi yaitu dalam kategori cukup sebanyak 20 peserta didik (51,3%). Selanjutnya perilaku etis setelah dilaksanakan bimbingan pribadi meningkat, diperoleh data perilaku etis peserta didik sesudah bimbingan pribadi yaitu dalam keadaan baik sebanyak 17 peserta didik (43,6%). Dari perhitungan t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,296. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 39 – 1 = 38 dimana diperoleh ttable = 2,021 ternyata thitung = 4,296 > ttabel = 2,021 yang berarti hipotesis nihil diterima “Ada peningkatan perilaku etis sebelum dan sesudah diberikan bimbingan pribadi”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah peningkatan perilaku etis peserta didik yang baik dan kurang baik terlihat sangat menonjol dari hasil pelaksanaan bimbingan pribadi, oleh karena itu bimbingan pribadi dilaksanakan seefektif mungkin guna meningkatkan perilaku etis pada peserta didik
BK0312001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain