Skripsi
EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
Kusriyati, Eni. . 1108501123. 2012. Skripsi. Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur, Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan bimbingan belajar terhadap tingkat kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 320 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini digunakan 13% dari 320 peserta didik diperoleh sebanyak 41,6 responden dibulatkan 42 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Pelaksanaan bimbingan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 dilaksanakan dengan baik Tingkat kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 diketahui dalam keadaan sedikit.. Efektivitas pelaksanaan bimbingan belajar terhadap tingkat kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 dilihat dari hasil perhitungan r hitung = 0,662 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 42 maka diperoleh r tabel = 0,304. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,662 > 0,304. Dengan demkian Ho yang berbunyi “Tidak ada efektivitas bimbingan belajar terhadap kesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012” ditolak, dan Ha diterima yang menyatakan “Ada efektivitas bimbingan belajar terhadap kesulitan belajar kelas VIII di SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pengaruh dari kesulitan belajar dapat diatasi dengan mengikuti bimbingan belajar secara efektif, maka pelaksanaan bimbingan belajar harus di dukung dan dilaksanakan secara terstruktur di sekolah.
BK0312002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain