Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA Suatu PTK pada Siswa Kelas IX MTs. Al Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
ABSTRAK
ALI ROSIDI, 2012. Upaya peningkatan prestasi belajar Matematika melalui pendekatan belajar tuntas dengan bantuan Tutor sebaya Kelas IXA semester I MTs. Al Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang, Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Pendidikan Matematika Dra. Eleonora DW, M.Pd. Moh. Shaefur Rokhman, M. Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Tutor Sebaya
Pada hakekatnya matematika muncul dari kehidupan nyata sehari-hari. Peserta didik kelas IX MTs. Al Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal – soal yang berkaitan dengan geometri ruang, khususnya tabung, kerucut dan bola, sehingga hasil belajar peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2010/2011 masih sangat rendah.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui pendekatan belajar tuntas dengan bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IXA MTs. Al Mu’awanah Petarukan tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok tabung, kerucut dan bola? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IXA MTs. Al Mu’awanah Petarukan tahun pelajaran 2011 / 2012 dalam materi pokok tabung, kerucut dan bola melalui pendekatan belajar tuntas dengan bantuan tutor sebaya .
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan pemberian soal tes pada setiap akhir siklus serta hasil reflaksi siwa pada setiap akhir pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diambil dari lembar pengamatan terhadap guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : siswa dianggap tuntas belaja,r jika mencapai daya serap ≥ 60 %, sedangkan kelas dianggap tuntas belajar jika kelas tersebut terdapat 85 % siswa yang mencapai daya serap ≥ 60 %.
Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 71,43 % sehingga kelas belum tuntas belajar dan prosentase keaktifan siswa adalah 69,17 %, sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 88,10% sehingga kelas sudah tuntas belajar dan prosentase keaktifan siswa adalah 86,67 %.
Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan belajar tuntas dengan bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi Siswa kelas IX A MTs. Al Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok tabung, kerucut dan bola. Saran yang dapat diajukan adalah para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga diharapkan menggunakan pendekatan belajar tuntas dengan bantuan tutor sebaya.
MIPA0312003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain