Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 02 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
HERNINGSIH, 1107500670, 2011. Judul Skripsi Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 02 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Pembimbing I: Drs. Sukoco, KW. M.Pd, Pembimbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Kemandirian Peserta didik.
Masih banyaknya peserta didik kelas XI SMP N 2 Ketanggungan yang kurang memiliki kemandirian, maka di adakan bimbingan kelompok oleh guru prmbimbing untuk mengatasi masalah tersebut. Diharapkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian peseta didik tersebut.. Masalah yang muncul adalah peserta didik yang kurang memiliki kemandirian, nantinya akan terus bergantung pada orang lain dan perkembangannya kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 02 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP N 02 Ketanggungan Kabupaten Brebes, yang berjumlah 240 peserta didik. Dan sampel yang diambil adalah 10% dari 240 yaitu 24 peserta didik. Variabel penelitian adalah layanan bimbingan kelompok (variabel bebas), dan kemandirian peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, interview dan observasi. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,605 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 24 diperoleh harga r tabel sebesar 0,404, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 02 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Pada variabel layanan bimbingan kelompok yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (4,2%), kategori rendah sebanyak 2 peserta didik (8,3%), kategori cukup sebanyak 7 peserta didik (29,2%), kategori tinggi sebanyak 12 peserta didik (50%), dan Kategori sangat tinggi 2 peserta didik (8,3%). Sehingga layanan bimbingan kelompok terhadap peserta didik dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel kemandirian peserta didik yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (8,3%), kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (4,2%), kategori cukup sebanyak 4 peserta didik (16,7%), kategori sedang sebanyak 9 peserta didik (37,5%), kategori tinggi sebanyak 7 peserta didik (29,7%), dan Kategori sangat tinggi sebanyak 1 peserta didik (4,2%). Jadi kemandirian peserta didik dalam kategori sedang.
Simpulan hasil penelitian ini adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian peserta didik kelas VIII SMP N 02 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Saran diharapkan agar dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dapat membantu peserta didik meningkatkan kemandiriannya agar peserta didik lebih mengandalkan kemampuannya sendiri.
BK0312003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain