Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN ALUR CERITA, PELAKU DAN LATAR NOVEL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PETARUKAN PEMALANG
ABSTRAK
PENY PRATIWI. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menjelaskan Alur Cerita, Pelaku dan Latar Novel pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Petarukan Pemalang” dengan pembimbing I bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan pembimbing II ibu Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : Team Accelerated Instruction, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Novel.
Pembelajaran menjelaskan alur cerita pelaku, dan novel dapat dengan menggunakan model pembelajaran team accelerated instruction, karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Team Accelerated Instruction pada siswa kelas VIII SMPN 2 Petarukan Pemalang.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Model pembelajaran team accelerated instruction efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menjelaskan alur cerita, pelaku dan latar novel pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Petarukan Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Petarukan kabupaten Pemalang yang berjumlah 320 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E dan kelas VIII D. Kelas VIII E disebut sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas VIII D disebut sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran team accerelated instruction, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t-tes atau uji beda. Hasil analisis data diperoleh koefisien t-hitung =8,34. Adapun t-tabel dengan mengambil derajad kebebasan (db) = 40, dan taraf signifikan 95 % = (40)(0,05)(0,95) = 2,63. Hasil perhitungan diperoleh t-hitung = 8,34 dan t-tabel = 2,63, maka t-hitung > t-tabel yaitu 8,34 > 2,63.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran team accelerated instruction dapat mengefektifkan pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar menjelaskan alur cerita, pelaku dan latar novel pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Petarukan Pemalang.
PBSI0312005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain