Skripsi
EFEKTIFITAS PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
UMI FAIZAH. 2012. “EFEKTIFITAS PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KRAMAT TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011“. Pendidikan Matematika. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Drs. Suwandono, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penerapan Teori Belajar Humanistik, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal yang menerapkan teori belajar humanistik dengan yang tidak menerapkan teori belajar humanistik. (2) Manakah yang lebih efektif antara yang menerapkan teori belajar humanistik dengan yang tidak menerapkan teori belajar humanistik .
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah Kramat Tegal. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII semester II SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 150 siswa, terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen (menerapkan teori belajar humanistik) dengan jumlah 30 siswa, dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol (tidak menerapkan teori belajar humanistik) dengan jumlah 30 siswa serta kelas VIII C sebagai kelas uji coba dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Soal tes sebanyak 20 butir, ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Selain itu juga menggunakan angket sebanyak 20 item. Ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Sebelum soal tes dan angket digunakan untuk tes, soal dan angket terlebih dahulu diujikan ke kelas uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji MANOVA.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan penelitian terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar siswa diperoleh data kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yaitu kelas yang menerapkan teori belajar humanistik dengan yang tidak menerapkan teori belajar humanistik .
MIPA0312004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain