Skripsi
THE EFFECT OF DISCOVERY LEARNING METHOD TOWARD VOCABULARY MASTERY STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL (an Experimental Study of Eighth Grade Students Junior High School Bustanul Ulum NU Songgom – Brebes in the Academic Year of 2010 / 2011)
ABSTRAK
AMARULLOH, SAMSUN. 2012. “Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Pertama (Sebuah Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas Delapan SMP Bustanul Ulum NU Songgom-Brebes Pada Tahun Ajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pembimbing Pertama: Drs. JCS. Pradjarto M.Pd., Pembimbing Kedua: Noor Lis Wildayanti S.Pd. M.Hum. Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan, Penguasaan Kosakata Siswa.
Penguasaan kosakata adalah bagian penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Penguasaan kosakata adalah hal paling utama untuk siswa dalam mengetahui arti kata di dalam kalimat. Karena kurangnya pengetahuan siswa dalam mengerti arti kata di Bahasa Inggris, maka perlu adanya suatu metode yang sesuai untuk meningkatkan penguasaan kosakata tersebut. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode pembelajaran penemuan. Metode ini ada cara efektif dalam penguasaan kosakata oleh siswa karena siswa dirujuk untuk mengeksplorasi sebuah objek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunan metode pembelajaran penemuan terhadap penguasaan kosakata siswa kelas delapan SMP Bustanul Ulum NU Songgom.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas dua SMP Bustanul Ulum NU Songgom tahun akademik 2010/2011. Penulis menggunakan teknik random sampling dengan mengambil 60 siswa sebagai sampel. Mereka kemudian dikelompokkan dalam 2 grup, grup eksperimen (30 siswa) dan grup kontrol (30 siswa).
Berdasarkn latar belakang dan landasan teori di atas, hipotesis penelitian ini adalah: metode pembelajaran penemuan memberikan efek positif terhadap penguasaan kosakata siswa. Dengan kata lain, siwa yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan mempunyai penguasaan kosakata yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak diajar dengan metode pembelajaran penemuan.
Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan tes tertulis adalah sebagai instrumennya. Untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes, penulis telah memberikan tes awal pada kedua grup yaitu grup eksperimen dan grup kontrol.
Analisis data penelitian didapat dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa t-ratio 2,312 sedangkan t-table 2,000 pada taraf signifikansi 5%, maka t-ratio lebih besar dari pada t-table (2,312 > 2,000).
Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran penemuan akan menghasilkan penguasaan kosakata yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak diajar menggunakannya.
PBI0312008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain