Skripsi
PENGARUHKEMAMPUAN VISUAL SPASIALDAN KEMAMPUAN PENALARAN ABSTRAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
SETIAWAN, MUHAMMAD. 2012. Pengaruh Kemampuan Visual Spasial danKemampuan Penalaran Abstrak terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester GenapMAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011).Skripsi. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko M.Pd. M. Shaefur rokhman,M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci :Visual Spasial, Penalaran abstrak, Hasil belajar matematika
Kemampuan visual spasial dan kemampuan penalaran abstrak merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh kemampuan visual spasial terhadap hasil belajar matematika, untuk mengetahui pengaruhkemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika dan untuk mengetahui pengaruhkemampuan visual spasial dankemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika, serta untuk mengetahui besar tingkat pengaruh yang diberikan kemampuan visual spasial dankemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X semester GenapMAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genapMAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 415 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data kemampuan visual spasial dan kemampuan penalaran abstrak diperoleh dari data hasil psikotes oleh Yayasan Jasa Psikologi Bina Asih Yogyakarta. Sedangkan untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai Ujian Akhir Semester Genap bidang studi matematika. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh antara kemampuan visual spasial dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0312005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain