Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJARHARJO KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
MEILASARI. A’AH. NPM. 1106500284.Skripsi.2012. “ Program Studi Bimbingan dan Konseling Pengaruh Bimbingan Pribadi terhadap peningkatan kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I Drs. Sukoco KW,M.Pd. Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Program strata 1 Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi dan Kedisiplinan Belajar
Permasalah yang ditemukan (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi, (2) Bagaimana gambaran kedisiplinan belajar dan apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Bimbingan Pribadi untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan positif antara bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Besarnya populasi dalan penelitian ini adalah 327 siswa, sedangkan dalam sampul penelitian ini adalah teknik proposional sampling dengan dasar agar tiap-tiap sub populasi terwakili dengan penelitian menggunakan angket sebagai metode pokok dan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Dengan tujuan mengambil data agar data terkumpul benar-benar dapat dipercaya atau si pertanggung jawabkan kebenarannya, sedangkan data yang terkumpul selanjutnya di olah menggunakan rumus analisis dekkriptis alpha dan cronbach dan rumus product moment.
Hasil tingkat prosentase deskriptif Bimbingan pribadi memiliki prosentase tertinggi pada kriteria tinggi sebanyak 37,5%. Sedangakan untuk hasil tingkat prosentase deskriptis kedisiplinan belajar memiliki prosentase tertinggi pada kriteria sangat tinggi sebanyak 35%.
Dengan demikian HO berbunyi tidak terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara layan Bimbang pribadi dengan peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII SMP negeri 2 Banjarharjo Kab. Brebes. Tahun pelajaran 2010/2011. ditolak. Sedangkan Hipotesis HK berbunyi terdapat pengaruh yang signifikasi dan positif antara layanan bimbang pribadi terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Bisa kita lihat berdasarkan hasil analisi dan hitungan tabel pada taraf signifikasi 5% (0,900>0,312) dan 1% (0,900>0,403). Dengan kontribusi mencapai 0,9002 = 0,81x100 + 81 %. Sedangkan 19 % faktor lain yang tidak penulis teliti.
Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dapat menjelaskan maksud dan tujuan Bimbingan pribadi disekolah. Orang tua hendaknya memberikan motivasi yang cukup pada siswa, agar siswa dapat meningkatkan kedisiplinan baik dirumah maupun disekolah.
BK0312004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain