Skripsi
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester I SMK Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
PRASETYO, EKO. 2012. “Hubungan antara Tingkat Kecerdasan dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika” (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 1 SMK Negeri 3 Tegal Kota Tegal Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi. Pendidikan Matematika. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Drs. Lagiyono, M.Pd, MT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Tingkat kecerdasan, Kebiasaan belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat dengan prestasi belajar matematika, (2) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika, (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 493 siswa yang terbagi dalam 8 jurusan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 siswa yang diperoleh dari 20% masing-masing jurusan, jurusan TKR, AV, TKPI, NKPI, GB, SM, TKJ dan MM. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang diperoleh dari data angket kebiasaan belajar, data tes tingkat kecerdasan, metode dokumentasi diperoleh dari data siswa dan nilai ujian tengah semester 1 mata pelajaran matematika. Variabel dalam penelitian ini meliputi tingkat kecerdasan, kebiasaan belajar dan prestasi belajar matematika. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik analisis koefisien korelasi. Sebelumnya data dianalisis diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika dengan r =0,382 t =4,080; (2) Ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan r =0,528 t =6,155; (3) Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan r =0,52 F hitung=6,155 (dengan F pada table =3,09 dengan taraf signifikansi 5% dan dk=98).
MIPA0312006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain