Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK, KECERDASAN LINGUISTIK, DAN KEMAMPUAN PENALARAN ABSTRAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Penelitian terhadap Siswa Kelas X MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 )
ABSTRAK
AMIN, MUHAMMAD NASIKHUL. 2011. Pengaruh Kemampuan Numerik, Kecerdasan Linguistik, dan Kemampuan Penalaran Abstrak terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011).Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M. Si, Drs. Paridjo, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : numerik, linguistik, penalaran abstrak, hasil.
Kemampuan numerik, kecerdasan linguistik, dan kemampuan penalaran abstrak merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, untuk meneliti pengaruh kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika, untuk meneliti pengaruh kemampuan penalaran abstrak, untuk meneliti pengaruh kemampuan numerik dan kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika, untuk meneliti pengaruh kecerdasan linguistik dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika, serta untuk meneliti pengaruh kemampuan numerik, kecerdasan linguistic, dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Babakan Lebaskiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 410 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 45% - 46% dari setiap kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengajukan permohonan hasil pshycotest dan hasil ulangan akhir semester genap. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika pada siswa, ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika pada siswa, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika pada siswa, ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa, ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan linguistik dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa, serta ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik, kecerdasan linguistik, dan kemampuan penalaran abstrak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0312007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain