Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY – TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
INDRIYARTI, DEWI. 2012. “Keefektifan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si. Hj. Isnani, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Keefektifan, Model Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar.
Penelitian dengan judul “Keefektifan Model Pembelajaran TS - TS terhadap Hasil Belajar Matematika” bertujuan : (1) untuk menentukan ada tidaknya perbedaaan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pemfaktoran siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2011/2012 antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS – TS dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, (2) untuk menentukan manakah yang lebih efektif antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS - TS dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan pemfaktoran siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 19 Kota Tegal dengan jumlah 204 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data dengan uji t yaitu uji dua pihak dan dilanjutkan dengan uji satu pihak kanan. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) ada perbedaaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TS - TS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TS - TS lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
MIPA0312008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain