Skripsi
PENGARUH DISKON TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. SEMAR KENCANA SEJATI KANTOR DISTRIBUTOR TEGAL
ABSTRAK
Dian Novita Zenti. Pengaruh Diskon terhadap Volume Penjualan di PT. Semar Kencana Sejati Tegal”. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diskon terhadap volume penjualan di PT. Semar Kencana Sejati Tegal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan diskon terhadap volume penjualan pada PT. Semar Kencana Sejati Tegal.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier, uji β, dan koefisien deternimasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier sederhana antara variabel diskon (X) dengan volume penjualan (Y) diperoleh persamaan Ŷ = 371.479.076,371 + 32,779 X. Dari model regresi tersebut diperoleh besarnya koefisien regresi variabel diskon sebesar 32,779 dapat diartikan bahwa jika terdapat peningkatan pemberian diskon sebesar Rp. 1,- maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 32,779. Dengan diperolehnya tanda positif dari koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel diskon konsisten dengan model regresi / fungsi yang disusun, artinya setiap peningkatan diskon, akan diikuti oleh peningkatan volume penjualan, sebaliknya apabila diskon menurun maka volume penjualan akan menurun pula. Nilai a (konstanta) sebesar Rp. 371.479.076,371 dapat diartikan bahwa jika tidak ada diskon maka volume penjualan sebesar Rp. 371.479.076,371. Dari hasil perhitungan didapat nilai standardized coefficient beta sebesar 0,942, dengan probabilitas nilai sig sebesar 0,000. Nilai sig 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara diskon terhadap volume penjualan di PT. Semar Kencana Sejati. Nilai standardized coefficients beta sebesar 0,942 berarti diskon mempunyai pengaruh yang signifikasi sebesar 94,2 %.Dari hasil perhitungan menggunakan program SPSS dapat diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,888. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,888 tersebut mengandung arti bahwa bahwa diskon memberikan kontribusi kepada volume penjualan sebesar 88,8 % dan sisanya 11,2 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
MNJ0312002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain