Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
ABSTRAK
MUTAQIN, CAHYO ZAENAL. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Bentuk Aljabar (suatu penelitian pada peserta didik kelas VII di smp negeri 3 slawi Tahun pelajaran 2011 – 2012). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : model pembelajaran Missouri Mathematics Project, keefektifan, kemampuan komunikasi matematika
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 3 Slawi,
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Slawi Tahun pelajaran 2011-2012 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Cluster Random Sampling diperoleh tiga kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII A sebanyak 36 sebagai kelas eksperimen, kelas VII B sebanyak 37 sebagai kelas kontrol, dan VII C sebanyak 37 sebagai kelas uji coba. Untuk mendapatkan hasil prestasi belajar menggunakan berupa tes, bentuk tes yang digunakan adalah esai. Dengan uji yang digunakan adalah t-test dimana memenuhi uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian diperoleh dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori.
MIPA0312009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain