Skripsi
KEMAMPUAN MENENTUKAN OPINI DAN FAKTA PADA TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBACA MEMINDAI PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
Penulis mengkaji tiga masalah, yaitu Bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 01 Brebes membedakan fakta dan opini pada teks berita ? Apakah membaca memindai dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI membedakan fakta dan opini dalam teks berita?
Penulis menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan menggunakan media teks wawancara, sebanyak 30 sampel. (2) kelompok II, (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar tanpa menggunakan media teks wawancara, sebanyak 30 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 5,90 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,44 dengan t tabel 1,70.
Jadi, pembelajaran kemampuan menentukan opini dan fakta dengan mengggunakan teknik membaca memindai, dan tanpa menggunakan teknik membaca memindai, tetapi lebih efektif dengan menggunakan teknik membaca memindai, karena : (1) Membaca memindai adalah cara membaca secara cepat dari atas halaman hingga ke bawah tanpa memperhatikan makna kalimat yang terkandung dalam baris-baris atau paragraf tersebut. Yang penting tujuannya tercapai yaitu mencari kata atau penggalan kata dalam satu tulisan yang panjang. (2) dengan teknik membaca memindai, siswa antusias untuk belajar, khususnya membuat teks berita. (3) Dan media membaca memindai dapat membantu siswa untuk memudahkan memahami kalimat-kalimat yang baik dan benar.
PBSI0312007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain