Skripsi
MENGATASI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN SISTEM UJIAN NASIONAL MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
SOFIANA, NADIA. 2012. Mengatasi kecemasan dalam menghadapi perubahan sistem Ujian Nasional melalui konseling rational emotif pada peserta didik kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi program strata I, Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kecemasan, Perubahan Sistem Ujian Nasional, Konseling Rational Emotif.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “bagaimana cara mengatasi kecemasan dalam menghadapi perubahan sistem Ujian Nasiona melalui konseling rational Emotif pada peserta didik kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Populasi dalam penelitian ini ditentukan yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Muhmmadiyah 2 Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 dengan tingkat kecemasan yang paling tinggi dengan kriteria berbeda berdasarkan hasil belajar peserta didik yaitu hasil belajar rendah (KSA), sedang (AP) dan tinggi (AH). Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif.
Proses konseling dalam Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan, pertemuan pertama untuk membina hubungan baik dengan klien dan mengadakan kontrak, pertemuan kedua mengidentifikasi permasalahan klien, dan pertemuan ketiga mulai melakukan proses konseling rational emotif dengan tahapan : menciptakan rapport, pengelolaan pikiran klien, pengelolaan perasaan klien, pengelolaan tingkah laku klien, dan evaluasi dan terminasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kegiatan konseling individu selama tiga kali pertemuan pada setiap pertemuan klien mengalami penurunan gejala kecemasan, yang semula pada pertemuan pertama gejala kecemasan yang nampak sebanyak 6, selanjutnya hanya 4 hingga pada pertemuan ketiga klien sudah tidak menunjukkan gejala kecemasan lagi dan menyatakan siap untuk menghadapi ujian.
Dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotif dapat mengatasi kecemasan yang dialami peserta didik dalam menghadapi perubahan sistem Ujian Nasional sehingga mereka menganggap bahwa perubahan sistem ujian nasional bukan menjadi ancaman tapi malah dijadikan motivasi untuk belajar lebih giat dan berkonsentrasi mengerjakan latihan-latihan soal ujian. Kegiatan konseling ini bisa dilakukan setiap tahunnya menjelang Ujian Nasional agar dapat mengurang tingkat kecemasan peserta didik.
BK0312006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain