Skripsi
PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN BIAYA PUBLISITAS TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PERCETAKAN KARANGANYAR KABUPATEN TEGAL
ABSTRAK
Syafarudin Hidayat. Pengaruh Biaya Periklanan dan Biaya Publisitas terhadap Volume Penjualan di Percetakan Karanganyar Kabupaten Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan dan biaya publisitas terhadap volume penjualan di Percetakan Karanganyar Kabupaten Tegal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh yang signifikan biaya periklanan dan biaya publisitas terhadap volume penjualan di Percetakan Karanganyar Kabupaten Tegal
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji parsial, uji simultan, dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier berganda antara biaya periklanan (X1) dan biaya publisitas (X2) dengan volume penjualan (Y) diperoleh persamaan Ŷ = 12.375.303,399 + 2,182 X1 + 12,591 X2. Dari model regresi tersebut diartikan bahwa nilai a (konstanta) sebesar Rp. 12.375.303,399 dapat diartikan bahwa jika tidak ada biaya periklanan dan publisitas maka volume penjualan sebesar Rp. 12.375.303,399. Koefisien regresi X1 sebesar 2,182 menyatakan bahwa setiap penambahan Rp. 1,- biaya periklanan akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 2,182. Koefisien regresi X2 sebesar 12,591 menyatakan bahwa setiap penambahan Rp. 1,- biaya publisitas akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 12,591,- Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variabel biaya periklanan (X1) dengan terhadap volume penjualan di percetakan karanganyar (Y) diketahui nilai sig = 0,001 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara biaya periklanan (X1) dengan volume penjualan (Y). Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variabel biaya publisitas (X2) dengan terhadap volume penjualan di percetakan karanganyar (Y) diketahui nilai sig = 0,002 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara biaya publisitas (X2) dengan volume penjualan (Y). Dari hasil perhitungan uji simultan diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan (X1) dan biaya publisitas (X2) secara bersama-sama terhadap volume penjualan di Percetakan Karanganyar. Dari hasil perhitungan dapat diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,748. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,754 tersebut mengandung arti bahwa bahwa biaya periklanan dan publikasi memberikan kontribusi secara bersama-sama kepada volume penjualan sebesar 74,8 % dan sisanya 25,2 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
MNJ0312003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain