Skripsi
PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR SEBAGAI TEKNIK BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI BREBES 03 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
ABSTRAK
DESTIAN KUSUMA DEWI. 2012. Pengaruh Permainan Gobak Sodor Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Brebes 03 Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Dr. Maufur, M., Pd, Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Permainan Gobak Sodor, Penyesuaian Diri.
Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah suatu pemahaman bahwa pelaksanaan Bimbingan Kelompok dapat membantu upaya pembentukan penyesuaian diri, Dari wacana diatas, maka penulis melakukan penelitian pada objek upaya pembentukan peneyesuaian diri anak melalui bimbingan kelompok. Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas I SDN Brebes 03 Kabupaten Brebes dan ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara pelaksanaan permainan gobak sodor sebagai alat bimbingan kelompok dalam mengupayakan penyesuaian diri anak pada peserrta didik kelas I SDN Brebes 03 Kabupaten Brebes.
Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, dokumentasi, dan Observasi. Adapun populasi ini adalah peserta didik kelas 1 SD Negeri Brebes 03 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 60 peserta didik. Sedangkan sampelnya adalah 30 peserta didik.
Analisis yang digunakan dalam penyajian data ini adalah statistik yang bersifat kwantitatif dan hasil dari analisis menunjukan bahwa perhitungan statistik pada taraf signifikansi 5% dengan skor empirik 0,499 ternyata lebih besar dari nilai r tabel, dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan pelaksanaan Permainan Gobak Sodor sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Menyesuaikan Diri pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Brebes 03 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012 dinyatakan diterima.
Simpulan teknik permainan gobag sodor sebagai alat bimbingan kelompok berpengaruh positif dan signifikan dalam upaya pembentukan penyesuaian diri pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Brebes 03 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran yang penulis ajukan dalam rangka menumbuhkan rasa penyesuaian diri hendaknya dimaknai dan dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian disekolah.
BK0312007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain