Skripsi
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TELKOM CABANG TEGAL
ABSTRAK
Siti Silfia Yunita Ulfa. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Cabang Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal, dan pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier sederhana antara variabel kepuasan kerja (X1) dengan kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal (Y) diperoleh besarnya koefisien regresi variabel kepuasan kerja sebesar 0,420 (kategori sangat rendah), artinya setiap ada peningkatan skor variabel kepuasan kerja sebesar 1 (kategori sangat rendah) maka akan meningkatkan skor kinerja karyawan sebesar kategori sangat rendah juga. Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier sederhana antara variabel motivasi kerja (X2) dengan kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal (Y) diperoleh besarnya koefisien regresi variabel motivasi kerja sebesar 0,929 (kategori sangat rendah), artinya setiap ada peningkatan skor variabel motivasi kerja sebesar 1 (kategori sangat rendah) maka akan meningkatkan skor kinerja karyawan sebesar kategori sangat rendah juga. Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier berganda antara variabel kepuasan kerja (X1) dan motivasi kerja (X2) dengan kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal (Y) diperoleh besarnya koefisien regresi variabel kepuasan kerja (b1) sebesar 0,250 (kategori sangat rendah rendah), artinya setiap ada peningkatan skor variabel kepuasan kerja sebesar 1 (kategori sangat rendah) maka akan meningkatkan skor kinerja karyawan sebesar kategori sangat rendah juga, dan besarnya koefisien regresi variabel motivasi kerja (b2) sebesar 0,641 (kategori sangat rendah), artinya setiap ada peningkatan skor variabel kepuasan kerja sebesar 1 (kategori sangat rendah) maka akan meningkatkan skor kinerja karyawan sebesar kategori sangat rendah juga. Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variabel kepuasan kerja (X1) dengan terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal (Y) diketahui nilai thitung = 2,288 > ttabel = 2,05. Dari perhitungan juga diketahui nilai sig = 0,030 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal. Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variabel motivasi kerja (X2) dengan kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal (Y) diketahui nilai thitung = 2,813 > ttabel = 2,05. Dari perhitungan juga diketahui nilai sig = 0,009 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal. Hasil yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan uji F diketahui Fhitung = 14,561 > Ftabel = 3,34. Dari perhitungan juga diketahui nilai sign = 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa persamaan regresi ganda tersebut signifikan. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa kepuasan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan PT. Telkom Cabang Tegal diterima.
MNJ0312006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain