Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “MAKE A MATCH” TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 Pada Pokok Materi Bangun Ruang Sisi Datar)
ABSTRAK
SUSIATMI. 2012. “Keefektifan Penerapan Metode Pembelajaran “Make A Match” terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011". Skripsi. Hj. Isnani, M.Si Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Hasil Belajar Matematika, pembelajaran “Make A Match”
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan metode pembelajaran “make a match” dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada pokok materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammdiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan metode pembelajaran “make a match” lebih efektif daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada pokok materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 150 siswa yang terbagi 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas dengan jumlah 30 siswa untuk masing – masing kelas. Sebagai kelas eksperimen yaitu (Kelas VIII.C) yang diberi metode pembelajaran “make a match” dan sebagai kelas kontrol yaitu (Kelas VIII.E) siswa diberi metode pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan metode pembelajaran ”make a match” dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada pokok materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, 2) hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan metode pembelajaran “make a match” lebih efektif daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada pokok materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0312013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain